IPB ACCOUNTING COMPETITION 2019

IPB Accounting Competition 2019 (IAC) akan diadakan kembali pada tahun ini dengan tema “Prepare Yourself to Become The Best Accountant In Digital Economy 4.0” Dari acara ini diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang kritis dan pandai mengenai ilmu yang berkaitan dengan Akuntansi dan Pajak demi membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Tujuan dari kegiatan “IPB Accounting Competition 2019 (IAC)” adalah Menjadi wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan prestasi serta mengembangkan potensi, kreatifitas dan motivasi yang dimiliki, Untuk mengasah kemampuan Mahasiswa/Mahasiswi dalam bidang akuntansi dan pajak, Sebagai sarana untuk pengembangan minat dan bakat akuntan dan fiskus pada usia dini.

Sasaran dari kegiatan “IPB Accounting Competition 2019 (IAC)”  adalah mahasiswa dan mahasiswi dengan jurusan yang berhubungan dengan akuntansi dan perpajakan yang berada di Indonesia dan para mahasiswa-i Program Keahlian Akuntansi Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (Tax and Accounting Competition) dan mahasiswa-i jurusan akuntansi dari seluruh Indonesia (IPB Accounting Competition).

            Pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 09:00 – 11:00 WIB telah dilaksanakan Online Preliminary Test (Tahap dimana para peserta lomba mengisi soal secara online) yang diikuti oleh 59 Tim dari Universitas seluruh Indonesia dan untuk pengumuman Top 15 Tim yang lolos akan diumumkan pada hari Senin 21, Oktober 2019 Pukul 08:30 WIB. Untuk 15 Tim yang berhasil lolos ke babak selanjutnya diwajibkan untuk registrasi ulang pada tanggal 28 – 30 Oktober 2019.

Technical Meeting akan diadakan 16 November 2019 dan Main Event 17 November 2019 dilaksanakan di Gedung Andi Hakim Nasution IPB University pukul 07:00 s.d Selesai. Pada Main event ada beberapa tahap yaitu Tahap Penyisihan ini dibagi menjadi dua ronde. Ronde pertama adalah babak dimana para peserta mengisi soal secara individu. Setelah selesai mengerjakan soal individu, para peserta mengikuti ronde berikutnya yaitu Teka-teki Silang. Pada babak ini peserta akan mengerjakan soal dalam bentuk teka-teki silang yang dikerjakan bersama timnya dan pengerjaan tahap ini dilakukan secara serentak oleh 15 tim. Selanjutnya akan diambil 6 tim dengan nilai akumulasi tertinggi dari kedua babak.

Tahap final ini adalah tahap cerdas cermat. Pada tahapan ini akan dibagi 2 gelombang cerdas cermat. 6 tim yang lolos dari tahap sebelumnya akan dipecah menjadi 2. 3 tim pertama akan mengikuti gelombang cerdas cermat pertama, 3 tim sisanya akan mengikuti gelombang selanjutnya. Jika ingin menjawab tim diwajibkan untuk menekan bel terlebih dahulu. Setiap tim akan mendapatkan pertanyaan yang wajib dijawab dan nantinya akan ada pertanyaan rebutan.  Nilai tim tertinggi dari masing-masing gelombang akan maju ketahap berikutnya.

Tahap Grandfinal adalah tahap dimana 2 tim dari tahap sebelumnya akan melakukan debat. Setiap tim akan mendapatkan perannya masing – masing antara pro dan kontra. Topik pembahasan (motion) akan diberikan saat Technical Meeting. Kemudian kedua tim akan membahas topik tersebut dan mempertahankan argumennya masing-masing.

Hasyyati Nadhilah